Rabu, 02 Februari 2011

Tangga Minimalis

Tanya:
Rumah kami adalah rumah sedang renovasi yang rencananya akan menjadi 2 lantai. Kami membeli rumah tipe 36/84. Karena kami membangun rumah sesuai dengan dana yang ada sehingga rumah kami bangun secara bertahap.
Yang jadi kendala dan masih berdiskusi dengan suami adalah peletakan tangga yang rencananya akan diletakkan di dalam rumah dibagian ruang keluarga. Pertanyaannya bagai mana desain tangga yang cocok sehingga ruang buat tangga tersebut tidak terlalu makan tempat?
Terima kasih sebelumnya

Jawab:
Tangga memang merupakan salah satu elemen bangunan yang memakan tempat. Terlebih jika pilihan modelnya tak tepat, maka daerah di bawahnya tak bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

Bentuk-bentuk tangga dikelompokkan dalam bentuk U, L, I, atau spiral. Bentuk mana yang cocok ditempatkan di ruang keluarga terpulang pada ukuran ruangan, serta selisih tinggi antara lantai dasar dengan lantai atas. Begitu juga soal letak.

Namun paling tidak, untuk membuat tangga perhatikan dasar standar ukurannya. Sebuah anak tangga paling tidak harus memiliki ukuran tinggi 18cm, lebar 90cm, kedalaman 20-30cm. Dengan memperhatikan ukuran standar ini kita bisa menghitung berapa panjang tangga dan keberadaannya dalam ruangan. Jika panjangnya melebihi ukuran ruang, maka bisa dibuat model L atau U.
Demkian semoga membantu. Rasantika M. Seta

Sumber : http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Konsultasi/Arsitektur/Tangga-minimalis